Nov 8, 2012

Lost in Flores

2 november 2012 akhirnya hari yang di nanti datang jua, setelah merelakan diri untuk bangun pukul 2 malam melawan rasa kantuk untuk persiapan ke bandara pagi-pagi buta , ya di karenakan rumah sya berjarak 3 jam dari jogja maka saya harus mempersiapkan sepagi mungkin untuk ke jogja agar tidak terlambat karena pesawat saya ke bali pukul 06.30 itu artinya satau jam sebelum keberangkatan sudah siap di bandara, dan saya berangkat pukul 03.00 dan pagi itu lebih cepat dari biasanya pukul 04.30 saya sudah tiba di airport heheheh jadi kepagian deh , setelah check in bagasi , solat subuh , dan tidak lama kmeidian pesawat datang dan siap ke bali untuk transit dan melanjutkan perjalanan berikutkan ke labuan bajo menggunakan pesawat merpati nusantara airlines.

sampai di bali ga lama kemudian bertemu sohibul rihlah alias teman perjalanan saya isna , jadi kami berawal dari dua penerbangan yang berbeda isna berangkat dari jakarta dan saya berangkat dari jogja , sembari menunggu pesawt ke labuan kami berjumpa teman lama kami yang berdomisili di bali , karna keasikan ngobrol kami sampai lupa kalau kami harus segera checkin dan menaruh koper  di bagasi , sampai di dalam meja check in merpati ternyata sudah di tutup huaah akhirnya dengan sedikit merayu mas nya , dengan baik hati pun mau mempersilakan kita untuk check in , dengan berlari-lari kami memasuki gate 15 nah seperti ini seni nya di bandara pake lari-lari untuk masuk ke ruang tunggu dan ke shutlle bus yang mengantar kami ke pesawat merpati  dengan tipe MA60.

Tibalah kami di labuan bajo , semacam percaya ga percaya , anak gadis mainya sampe ke labuan bajo hahahah jauh bener  setelah ambil bagasi dan kami ke resto exotica depan bandara, salah soerang teman kami ada yang berdomisili di labuan bajo yang bekerja di sebuah BUMN menitipkan sepeda motor nya untuk kita pakai selama di labuan heheh sangat menyenangkan sekali , kebetulan teman kami sedang berdinas ke kupang jadi kami tidak bisa bertemu tapi kami di pinjemin motornya untuk keliling labuan bajo heheheh, setelah itu kami keliling cari penginapan kita cari yang pas di harga, keinginan,dan keudahan ke dermaga setelah keliling akhirnya dapet juga kami menginap di hotel melati, udara di labuan bajo teramat sangat panas, dan kami memilih tiduran saja di hotel hingga sore nanti dan merencanakan untuk ke pantai pede, namun saking capeknya kami terbangun saat waktu menunjukan pukul 19.00 itu artinya sudah waktunya isya' dan hari sudah gelap dan kami batal ke pantai .

oia untuk sailing trip, kami memutuskan untuk bergabung dengan rombongan lainya pertimbangan ini kami pilih di karenakan menyewa kapal ternyata sangatlah mahal terutama untuk kapal 2 hari 1 malam , awalnya kami ingin menyewa kapal untuk sailing trip nya dalam benak kami akan aman jika menggunakan kapal untuk kita saja , namun ternyata kapalnya saja sangatlah mahal sekitar 2jt-an karna kami hanya berdua sehingga menaggung beban yang sangat besar hehehe , aakhirnya kami putusnya utuk ikutan share kapal dengan orang lain, karna kami ga tau akhirnya kami ikutan rombongan pak viggo dari kencana tour per orang nya kena 550.000 udah include makan ,minum, jajan, peralatan tidur dan hiburan di kapal .

keesokan paginya kami tiba di tempat pertemuan dengan rombongan lain yaitu di kantor kencana tour, dan rombongan lainya adalah para wisatawan asing berasal dari jepang dan jermnan, kapal kami pagi itu berisi 5 orang peserta tour , dengan di pimpin oleh kapten antonio dan 3 ABK nya, kapalnya oke jika mengngat biaya kami membayar tournya hehehe lagi-lagi expectasi saya tidak muluk-muluk sehingga ga bikin kecewa :) , setelah semua siap dan yaaak kami siaap mengarungi lautan flores.

Tujuan kami hari itu  yaitu mengunjungi komodo di TN komodo yang berada di loh buaya atau pulau rinca - pantai pink -teluk kalong .
sedangakn pada hari kedua tujuan kami ke TN komodo di Loh liang atau di pulau komodo - manta point  karang makassar - kanawa island - bidadari island.

tiba si loh buaya tepat pukul 11.00 saat matahari sedang terik dan ternyata lokasi nya banyak yang open area sehingga sangat panas dan menyengat sungguh perjalanan yang sangat berat , setelah selesai administrasi di kantor TN komodo kami di pandu oleh ranger dengan nama Aldi yang sudah 10 tahun menjadi pemandu di loh liang ini , mas aldi mahir berbahasa inggris dengan baik ,  kata mas aldi jarang sekali wisatawan domestik berkunjung ke TN komodo kebanyakan turis eropa , australia, jepang . saat kami berada di sana hanya kami berdua saja turis domestik lainya bule-bule semua. oia kali ini kami mengambil medium treck  dengan jarak tempuh 3,5 km memakan waktu 1,5 jam , jalan sebentar dari posko kami sudah menemukan komodo yang sedang leha-leha di bawah dapur penduduk setempat , ya mememnag komodo merupakan hewan yang suka ber malas-malasn bobok-bobokan, santai-santai di bawah ruang yang teduh , dan komodo memamg penggemar bau-bauan indra penciumanya sangat tajam maka dari pada itu ia sangat senang sekali berada di bawah dapur karena aroma masakan, stelah jepret sana sini kami melanjutkan perjalanan ke dalam hutan dan menemukan sarang telur komodo yang dari jauh juga d jaga oleh mama komodo. selama di dalam hutan kami menemukan aneka satwa  babi hutan, kerbau, monyet, burung gosong, burung maleo, komodo , rusa. pendakian yang berat tepat pukul 12,00 kami berada di puncak bukit hoaaahh sangat berat di siang bolong sampai juga diujung bukit tapi kami tidak menikmati karna udara yang sangat panas kami bergegas untuk turun dan melanjutkan dengan berlayar ke tujuan berikutnya.

sebelum tiba di pink beach kami makan sing diatas kapal , dengan makanan yang sudah di siapkan para koki  makanan yang sederhana dan sangat enak, setelahnya kami tiba di pink beach dan kami pun ber snorkling ria , untuk menuju ke pantai pink kmai harus berenang ke ujung pantai dan karna agak jauh akhirnya kami memilih menikmati keindahan dunia bawah laut saja dari pada harus berenang ke tepi pantai yang panas (baca: males) hehehe, oia ini pengalaman pertama saya dan isna snorkling tanpa menggunakan life jacket ternyata sangat menyenangkan dan ga bikin mabok laut ,kelemahanya si ya capek dan kita harus tetep berusaha gerak kalo ga kita bakal tenggelam mau malas-an karna ga mau capek tapi tenggelam , atau mau tidak tenggelam tapi capek, saya ilih capek saja dari pada tenggelam di maem hiu atau komodo yang sedang berenang hehehe. setelah capek berenang kami menuju  ke teluk kalong tempat menikmati sunset, dan melihat para kelelawar keluar  goa.